Galeri

Terima kasih Banyak Ciliwung


Kalau kita mendengar kata ciliwung, semua orang di jakarta pasti mengenalnya. Ciliwung adalah sungai yang membelah kota jakarta dan salah satu sungai terbesar yang kita punya. Tapi banyak dari kita yang cuma tau kalau manfaat dari ciliwung cuma buat tempat jalannya air. Nah, agar tak bingung, berikut beberapa manfaat dari ciliwung.

1.pemancingan gratis

Bisa dibayangkan bagaimana indahnya sungai ciliwung? airnya aja berwarna cokelat (Sesuatu yang gak akan kita temukan ketika sedang di luar negeri dan mungkin ini juga salah satu hal yang menjadikan kita homesick dengan Indonesia). Selain kaya akan sampah, ciliwung juga kaya akan ikan, terutama ikan sapu-sapu. Pasti tau kan kenapa banyak ikan sapu-sapu? secara anak UI yang katanya hanya anak-anak pilihan yang bisa masuk. Harga jual dari IKAN ini juga lumayan lho, 1 kg nya dihargain 6000 rupiah. kalo dihitung-hitung untungnya lumayan besar. Modalnya cuma jala atau serokan. kalo dari segi ekonomi, bisa jadi lapangan pekerjaan 5 atau 10 tahun kedepan gak yaa? apalagi kalo kita liat-liat semakin hari aksesoris ciliwung semakin ramai mulai dari sampah plastik, kayu, bahkan mungkin perabotan rumah tangga semisal almari ada di ciliwung yang tercinta.

2. ladang air

pernah kan kita baca slogan ” gunakan air secukupnya “? nah, bagi masyarakat di sekitar ciliwung slogan ini gak berlaku sama sekali. Untuk apa mereka bersusah-susah mengirit air, selama ciliwung masih mengalir? fungsi air ciliwung juga gak jauh beda sama air yang dikelola PDAM. sama-sama berasal dari sungai, sama-sama bisa dipake buat kebutuhan sehari-hari kayak mandi, nyuci mulai dari nyuci piring, nyuci baju, pokoknya segala aktivitas yang berhubungan dengan mencuci. malahan air ciliwung lebih unggul dari air yang dikelola PDAM. gratis dan airnya lancar seperti kalau kita ada di jalan tol bahkan kalau lagi awal-awal  tahun tanpa kita minta, airnya mendatangi kita. beda sama yang pake air PDAM yang sudah bayar mahal-mahal tapi air nya kecil sekali. Kurang baik apa coba ciliwung? gratis, banyak, dan gak mungkin kekeringan. Memang sih sekarang agak susah ngambil air di ciliwung gara-gara dibuat tanggul di sekitar ciliwung.

3. Pasar gratis

Ini manfaat ketiga yang kita lupakan dari ciliwung. ini sangat bermanfaat buat ibu-ibu yang cuman dikasih uang belanja dikit sama suaminya karena gaji suaminya yang tidak sesuai UMR atau korban dari makin sedikitnya pekerjaan di Jakarta yang kalau kata orang gedongan mah pusat industri atau ada juga yang bilang jakarta kota megapolitan. Ibu-ibu yang cuma dikasih uang belanja sedikit tapi harus memenuhi kebutuhan sekolah yang semakin mahal (walaupun kata pak menteri sekolah itu murah), merawat kecantikan pribadi, dan kebutuhan lainnya tak usah gundah gulana. khusus untuk memenuhi kebutuhan pangan terutama sayuran, ibu-ibu bisa beli sayurannya secara delivery order melalui ciliwung (cukup hebat kan?). bedanya kalo kita delivery order di restoran harus pesan dulu, nah kalo delivery order via ciliwung, tanpa kita pesan, sayuran itu dateng dan itu semua GRATIS. ibu-ibu tinggal nyiapin serokan buat ngambilnya. Tak perlu repot-repot ngeluarin uang dari dompet yang semakin hari semakin tipis gara-gara harga sembako yang udah setara dengan harga daging. cukup membantu kan?

4. Kuburan Massal

hidup itu memang keras. Mulai dari di ayunan sampe di kuburan. harga menguburkan seorang manusia di TPU-TPU jakarta lebih mahal dari BOP kita. Mungkin karena dia gak minta HGM-B {harga menguburkan manusia-berkeadilan} kali ya? tapi bagi warga jakarta yang harga TPU terus melambung tinggi seperti harga cabai sudah punya solusinya. Kali ciliwung selain bisa memenuhi kebutuhan hidup, bisa juga buat kuburan warga jakarta. Lumayan kan, buat pak dokter dan bu dokter gak usah repot-repot nyari mayat, tinggal nyerok aja di ciliwung. sekali lagi : terima kasih ciliwung

5. Bantar Gebang KW 1

Nah, fungsi selanjutnya dari ciliwung bisa dijadiin Bantar gebang KW. 1 alias kembarannya bantar gebang. Kan kita sering dengerin berita tuh kalo bantar gebang udah gak bisa nampung sampah di jakarta sehingga pemerintah jakarta berniat mencari lahan untuk TPS-A (tempat pembuangan sampah akhir) di beberapa lokasi. Tapi rencana ini di tolak tegas-tegas oleh warga sekitar ampe-ampe bikin kerusuhan. Nah, dari pada bikin rusuh dan tak ada titik temunya, ada baiknya  kita pakai ciliwung. warga jakarta juga setuju kok, buktinya belom disosialisasi sama pemerintah saja sudah pada mempraktekan. betul tidak?

Nah, itu lah 5  manfaat atau kegunaan strategis dari ciliwung yang terlupakan dari kita. kalau ada yang ingin buka usaha tapi bingung  mau usaha apa, saya kira ciliwung bisa dijadiin lahannya tuh, betul tidak?

*maaf jika tulisan ini sedikit mengganggu anda. Tulisan ini di buat semata-mata untuk mengingatkan kepada sesama manusia. terima kasih dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

(Tulisan ini dibuat oleh Mohammad Bagus Prasetyo, Seorang teman satu almamater saya, jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s