Galeri

SAM DUNN: Petualangan Seorang Headbanger dan Global Metal


Sam Dunn adalah seorang antropologis dan metalhead sejati. Lahir di Toronto, Canada tahun 1979. Dia membuat beberapa film dokumenter tentang musik Metal. Beberapa filmnya mendapat tanggapan yang baik dari kritikus film dan para metalhead didunia. Sam juga mendapat beberapa penghargaan lewat filmnya ini.

Post kali ini, saya akan membahas tentang 2 film karya dari Sam Dunn, A Headbanger’s Journey dan Global Metal.

– Metal: A Headbanger’s Journey.

Sam membahas beberapa sub-genre dari Metal itu sendiri, seperti New Wave of British Heavy Metal, Power Metal, Nu Metal, Glam Metal, Thrash Metal, Black Metal, dan Death Metal. Penjelaskan tentang hubungan antara metal dengan seksualitas, metal dengan satanis, metal dengan kematian, metal dengan agama dijabarkan secara luas. Dilihat dari sudut pandang para metalhead, musisi, dan tokoh masyarakat (sosiolog, psikiater, penyiar radio, dan beberapa orang lainnya).

Sam berkunjung ke Wacken Open Air Festival (Jerman) untuk merasakan atmosfer dari salah satu festival metal paling besar sedunia, juga mewawancara beberapa metalhead disana dan mendokumentasikan kegiatan apa saja di festival itu. Sam juga pergi ke norwegia untuk bertemu dengan pionir-pionir Norwegian Black metal dan bertemu dengan sejarawan untuk berdiskusi tentang Viking. Karena ternyata Viking ada hubungannya dengan perkembangan musik metal disana.

Yang membuat film ini masuk ke kategori wajib tonton (untuk metalhead khususnya) ada beberapa wawancara menarik antara Sam Dunn dengan musisi papan atas dunia seperti Bruce Dickinson (Iron Maiden), Ronnie James Dio, Tommi Iommi (Black Sabbath), Alex Webster (Cannibal Corpse), Tom Araya (Slayer), Lemmy Kilmister (Motorhead), Joey Jordison (Slipknot), Alice Cooper, Mark Morton (Lamb Of God) dan banyak lagi.

Soundtrack yang dipilih Sam untuk mengisi film ini, benar benar membuktikan kalau Sam benar benar seorang metalhead sejati.

The song :
* Iron Maiden – The Number of the Beast
* Motorhead – Killed by Death
* Slayer – Disciple
* Lamb of God – Laid to Rest
* Cannibal Corpse – Decency Defied
* Children of Bodom – Needled 24/7
* Dio – Heaven and Hell
* Enslaved – Havenless
* Metallica – Fight Fire With Fire
* Sepultura – Beneath the Remains, etc.

Di tahun 2007 film ini mendapat penghargaan Gemini Award.

– Global Metal

Di film ini, Sam berkeliling dunia untuk memantau perkembangan musik metal di beberapa negara. Seperti Amerika Selatan, Eropa, Israel, China, Semenanjung Arab, sampai ke Indonesia (bangga loh, ternyata scene metal Indonesia dianggap Sam sebagai salah satu yang berkembang pesat).

Sam melalukan wawancara dengan para metalhead di masing masing negara untuk mengetahui perkembangan musik metal dan mengetahui siapa saja yang pernah konser dinegara mereka.

Sub genre metal di tiap negara juga dibahas oleh Sam secara detail. Mulai dari death metal di Indonesia, black metal di China, oriental metal di Israel, sampai ke thrash metal di Iran.

Musisi yang di wawancara juga menceritakan pengalaman konser mereka di beberapa negaa, seperti Bruce Dickinson bercerita tentang konser pertama Iron Maiden di India, Tom Araya dan Kerry King tentang konser Slayer di Jepang, Barney Greenway tentang Napalm Death di Indonesia.

Di film ini juga banyak cerita para metalhead tentang musik metal dengan isu politik yang selalu dikaitkan di negara mereka tinggal.

Soundtrack :
* Motorhead – Overkill
* Hipnose – Coisinha Do Pai
* Scorpion – Rock You Like A Hurricane
* Iron Maiden – 2 Minutes To Midnight
* Sepultura – Roots Bloody Roots
* Sepultura – Kaiowas
* Lamb Of God – Walk With Me In Hell
* Slayer – War Ensemble
* Martyr Friedman – Elixir
* Siksakubur – Parade Luka
* Tengkorak – Jihad Soldiers
* Seringai – Akselerasi Maksimum
* Arallu – Morbid Shadow
* Salem – Act of War/Act of Terror
* Slayer – Angel of Death
* Orphaned Land – Ornaments of Gold
(masih banyak lagi, apalagi bagian black metalnya, saya tidak terlalu faham dan tidak tahu artisnya. maaf)

Film Global Metal menurut saya adalah bentruk transformasi ke dalam musik metal, meskipun kebudayaan tiap negara berbeda, akan tetapi metal akan selalu menjadi mental dan akan terus membuat anda ber headbanging.

sumber: http://simbiosismusikalisme.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s