Galeri

Menjadi kritis tanpa kiri radikal: Critical Medical Anthropology

Wawancara dengan Nancy Scheper-Hughes (Bagian 1)

Antropologi.info kontributor Aleksandra Bartoszko baru-baru ini bertemu antropolog medis Nancy Scheper-Hughes. Dalam sebuah wawancara dalam tiga bagian, dia berbicara dengan dia tentang kanibalisme neo-dari perdagangan organ global, tentang buku yang akan datang, sebuah cerita detektif antropologi, dan tentang cara-cara baru melakukan penelitian lapangan di dunia di mana masyarakat setempat lebih dipengaruhi oleh apa yang terjadi di luar daripada apa yang terjadi di dalamnya.

Oleh Aleksandra Bartoszko, Oslo University Hospital, Unit Kesetaraan dan Keanekaragaman

Critical Medical Anthropology (CMA) berfokus pada hubungan kekuasaan dalam konteks kesehatan dan ekonomi politik kesehatan dan perawatan kesehatan. Ini yang menjadi pertanyaan mengapa begitu banyak orang mati ketika ada obatnya? Mengapa saya akan hidup 20 tahun lebih lama dari teman saya dari Nikaragua? Bagaimana pasar farmasi global termasuk masyarakat miskin? Mana tubuh yang lebih layak untuk diselamatkan? Siapa yang memutuskan apakah Anda memiliki akses ke perawatan yang diperlukan? Apa hak asasi manusia dalam kehidupan sehari-hari, dalam prakteknya, bukan di atas kertas?

Antropolog Kritis tampaknya suara bulat setuju dan menunjukkan peran penting dari politik neoliberal dalam pembangunan ketidaksetaraan dalam masyarakat. Banyak CMA-menulis berakhir sebagai keras (dan sayangnya seringkali tidak kritis) kritik “neoliberalisme” dan “kapitalisme”.

Membaca, mendengarkan dan berbicara dengan antropolog kritis selalu meninggalkan aku dengan perasaan bahwa ini bagian dari disiplin didominasi oleh satu pandangan politik (yang tidak pernah baik) dan peneliti berfokus pada setiap kesenjangan adalah sayap kiri. Alasan untuk itu dapat dibahas, tapi ini kesepakatan tidak tertulis telah mengganggu saya selama bertahun-tahun

Saya selalu bertanya-tanya apakah orang-orang yang membumi CMA berpikir itu adalah mungkin untuk melakukan CMA tanpa menjadi sayap kiri. Aku bertanya Nancy Scheper-Hughes. Dia menjawab:

– Nah, itu pertanyaan yang bagus, saya berarti kita selalu bisa menjadi penting dalam arti ilmiah, jelas, yang bisa berarti teori kritis seperti yang dihasilkan oleh sekolah Frankfurt, kiri baru, Marxis, Neo-Marxis, Gramsci, anarkis sosialis, atau apapun, tapi saya berpikir bahwa dalam arti antropologis kritis berarti pada dasarnya menyadari positionality Anda, memahami hubungan kekuasaan sebagai orang luar melihat atau sebagai orang dalam melihat keluar. Ini berarti mengambil ini juxtapositions radikal membuat familiar aneh dan membuat akrab aneh. Saya pikir semua itu penting radikal tanpa perlu menjadi sayap kiri. Ini definisi kiri dan kanan tidak begitu berguna. Saya hanya mengatakan, sering mengangkat alis, bahwa saya radikal. Ambil atau tinggalkan.

– Paul Rabinow pernah berkata kepada saya, dia selalu bermain advokat setan, dan sekali ia berkata ketika ia diajarkan tentang antropologi publik: “Yah, kalau begitu, apa antropologi pribadi” adalah jawaban saya bahwa antropologi swasta antropologi ditulis untuk 50 orang yang mengerti apa yang Anda bicarakan dan tidak termasuk orang lain.

– Jadi saya merasa bahwa ada tempat untuk itu, ada waktu, dan di mana itu benar-benar perlu untuk berbicara dalam bahasa disandikan – itu adalah bentuk singkatan, seperti fisikawan lakukan atau matematikawan lakukan. Para penonton akan menjadi kecil dan sirkuit tertutup satu. Ini akan menjadi penting, tapi pribadi, tidak demokratis karena begitu banyak yang dikecualikan dari berpartisipasi dalam percakapan.

– Tapi antropologi publik tidak hanya berarti membuat sesuatu lebih mudah tersedia bagi orang awam, katakanlah. Bagi saya itu berarti seperti membuat hal-hal umum yang bersifat pribadi. Membuat hal-hal yang tak terlihat menjadi isu-isu publik, sehingga terlihat rahasia yang memberdayakan beberapa dan melemahkan orang lain yang tidak tahu informasi tersebut.

– Jadi saya berpikir bahwa bagian dari menjadi seorang antropolog kritis sampai ke bawah hal, dimensi kehidupan sosial dan politik bahwa orang tidak bisa biasanya melihat. Pada akhirnya, saya melihat antropolog kritis, medis atau budaya, seperti yang selalu terasing, sebagai pengkhianat kelas politik terletak, pengkhianat ras, pengkhianat nasional dan pengkhianat gender. Tapi mari kita tinggalkan itu untuk diskusi lain.

Tinggalkan Balasan

