Galeri

Perdagangan Global: Ginjal Orang Miskin

Wawancara dengan Nancy Scheper-Hughes (Bagian 2)

Oleh Aleksandra Bartoszko. Oslo University Hospital, Unit Kesetaraan dan Keanekaragaman

Spring 2011 Saya menghadiri seminar “Engaging Medicine” di Universitas Oslo untuk menghormati salah satu antropolog medis yang paling menonjol di Norwegia – Benedicte Ingstad. Salah satu pembicara adalah Nancy Scheper-Hughes dengan Migrasi kertas “Medical – Dari Ziarah dan Pariwisata Medis untuk Transplantasi» Perdagangan.

Scheper-Hughes adalah profesor antropologi dan direktur program di Studi Kritis di Kedokteran, Sains, dan Badan di University of California di Berkeley. Dia dikenal karena penelitiannya tentang kekerasan struktural dan politik, antropologi tubuh, penyakit, penderitaan, bersalin dan kemiskinan. Publikasi yang paling terkenal adalah monograf Saints, Ulama dan Penderita skizofrenia: Penyakit Mental di Pedesaan Irlandia dan Kematian tanpa Menangis: Kekerasan Kehidupan Sehari-hari di Brasil.

Karena saya bertunangan dalam antropologi medis dan kritis, Scheper-Hughes telah kepada saya sumber konstan inspirasi dan provokasi. Sebagai seorang antropolog yang mendukung dan telah melakukan antropologi publik dan diterapkan ia mendirikan Organ Tonton, seorang tenaga medis hak proyek yang berfokus pada perdagangan organ. Dalam lebih dari sepuluh tahun dia telah bekerja pada perdagangan organ global. Setelah aliran ilegal ginjal, dia telah memetakan jaringan tragis pembeli kaya dan penjual miskin di seluruh dunia.

Saya selalu bertanya-tanya bagaimana petualangan nya dengan ginjal mulai. Dia menjawab:

– Ini adalah jenis yang sangat berbeda dari proyek dan itu bukan salah satu yang saya pernah bisa membayangkan menghabiskan begitu banyak waktu.

– Saya menulis sebuah artikel yang muncul dari pasal 6 dari buku saya “Kematian tanpa menangis” di mana saya menulis tentang tubuh dalam bahaya, mayat dan ketakutan warga favela ‘dan perasaan mereka tentang keamanan ontologis atau ketidakamanan tubuh. Dan aku mempelajari munculnya regu pembunuh lokal yang beroperasi setelah akhir periode militer, mengambil tempat dari negara militer. Saya menemukan bahwa ada penganiayaan medis yang nyata dari tubuh miskin di klinik, di lembaga forensik, dan di kuburan. Dan di atas semua ini melayang-layang di sebuah teror yang memiliki orang bahwa tubuh mereka akan digunakan untuk organ. Jadi saya menulis beberapa artikel berusaha untuk menjelaskan mengapa orang berpikir mereka akan tunduk pada penculikan untuk tujuan pencurian organ.

– Pada waktu itu saya masih berpikir bahwa ini adalah terutama sebuah legenda perkotaan. Tapi kemudian di bawah legenda adalah pengalaman-pengalaman nyata yang dihadapi masyarakat miskin di lembaga forensik medis atau morgues polisi di mana tubuh, dikenal diklaim adalah, pada kenyataannya, milik negara, dan (untuk minyak mentah) cincang dan dipanen. Jadi orang-orang yang tepat dalam takut bahwa tubuh mereka tidak aman.

– Kemudian saya diundang untuk Conference Center Bellagio Institut Rockefeller pada tahun 1996 untuk pertemuan internasional yang tinggi didukung dengan ahli bedah transplantasi dari beberapa negara, Utara dan Selatan, Timur dan Barat. Dan tugas saya adalah, saya pikir, untuk memperkuat kepercayaan dari ahli bedah transplantasi yang ada benar-benar tidak perlu khawatir tentang pencurian organ, bahwa itu adalah sebuah legenda perkotaan tapi ini adalah mengapa orang percaya. Dan karena saya adalah antropolog satunya dan pertemuan yang panjang, saya mengambil jalan-jalan dengan beberapa ahli bedah dari Rusia, Amerika Serikat, Israel, Taiwan dan di tempat lain. Dan masing-masing bercerita yang membawa saya untuk menyadari bahwa lalu lintas di organ nyata. Kemudian, pada tahun 1997 dalam perjalanan ke Israel saya mendengar tentang transplantasi organ dan broker.

– Jadi sedikit demi sedikit saya mulai menyadari bahwa ini adalah bisnis yang serius. Pada akhir pertemuan ini Belagio, saya dinominasikan untuk melakukan beberapa pekerjaan etnografi tentang hal itu. Bahkan itu hanya untuk menemukan dan mendokumentasikan: apa di dunia yang terjadi?

Sejak pertemuan Belagio, Scheper-Hughes telah berkelana di seluruh dunia dan diikuti masyarakat transplantasi organ:

– Pada hari-hari awal ketika saya berpikir: “Oh Tuhan, lalu lintas ini benar-benar merusak orang, baik pembeli dan penjual, saya harus menghentikan ini”, saya akan pergi ke pertemuan Transplantasi Internasional, maka saya akan pergi ke Amerika transplantasi pertemuan, ke, Kanada Polandia, Brasil. Tapi kemudian aku berkata: “Tidak, saya tidak bisa menghabiskan sisa hidup saya pergi ke pertemuan transplantasi”.

– Tapi setiap tempat saya melakukan perjalanan sebagai seorang antropolog saya akan mempelajari pengertian yang sangat berbeda dari tubuh, organ, apa yang diterima dan apa yang etis. Saya terkejut ketika mengetahui bahwa di Perancis ada sumbangan hidup sangat sedikit ginjal, itu hanya tidak dilakukan. Dan saya bicarakan dalam mencintai keluarga dan berkorban. “Tidak”, saya diberitahu, “Itu biadab, mengapa kami meminta orang sehat untuk mengorbankan bagian tubuh orang lain ketika kita harus mendapatkan dari kematian?” Dan juga, koordinator transplantasi beberapa di beberapa negara mengatakan bahwa berurusan dengan almarhum sumbangan juga sangat sulit. “Itu terlalu sulit karena Anda harus berurusan dengan orang-orang dalam kesedihan dan ratapan, itu kehilangan harga diri untuk meminta mereka atas mayat. Lebih mudah untuk meminta orang hidup “.

– Tapi kemudian Anda pergi ke negara-negara di mana sumbangan hidup adalah umum dan orang-orang akan berkata: “Kau tahu, itu baik untuk solidaritas negara bagi orang untuk melakukan hal ini”. Jadi Anda benar-benar melihat ini etika alternatif yang bekerja. Jadi beberapa perjalanan yang benar-benar penting.

Bekerja pada perdagangan organ ia menjadi tertarik dalam memahami proses komodifikasi dan reifikasi bagian dan bagian tubuh. Ini kepentingan mengakibatkan “Bodies komodifikasi” co-diedit dengan Wacquant Loïc. Dia juga mengembangkan minat dalam tubuh itu sendiri, makna bekas luka dan pengalaman diferensial menjual ginjal.

Dia memberikan contoh yang menarik:

– Di Filipina bekas luka dari operasi pengangkatan ginjal berarti Anda adalah orang kehormatan. Artinya: “Saya telah diurus keluarga saya”. Sebagai lawan Moldavia yang malu yang terjebak dalam perdagangan transplantasi dan mereka mengatakan mereka mengalami kecelakaan ketika aku melihat bekas luka mereka. Atau di Brasil di mana penjual ginjal yang direkrut ke Afrika Selatan untuk memberikan ginjal untuk wisatawan transplantasi kaya, mereka disebut orang-orang dimutilasi karena tubuh indah begitu penting bagi Brasil. Pria dan wanita mencintai tubuh mereka. Sungguh menarik bagaimana mereka membela diri di neoliberal, tapi benar-benar pra-neoliberal gagasan “itu tubuh saya”. Ini hampir anarki tubuh, dari diri.

Ketika saya bertanya apakah saya mengerti benar bahwa dia tidak melihat semua penjual organ sebagai korban dia bilang dia punya dua jawaban:

– Ya, para penjual ginjal dieksploitasi. Murni dan sederhana. Mereka tertipu. Mereka dianggap benda. Kadang-kadang mereka memiliki hubungan pribadi dengan broker. Jadi dalam arti bahwa, ya, mereka adalah korban.

– Tapi apakah masih ada lembaga? Ya, dari semacam terbatas. Saya biasanya ulangi Marx: orang membuat sejarah, tetapi mereka tidak membuatnya hanya sesuka mereka. Atau di bawah kondisi pembuatan mereka. Nah, orang di sini membuat pilihan tapi bukan hanya sesuka mereka.

– Penjual Ginjal di Manila ingin menjual mata, bola mata secara keseluruhan. Mereka ingin menjual testis. Mereka ingin menjual organ mana mereka memiliki dua. Kenapa? Karena jika itu pekerjaan, jika mereka adalah pekerja komersial, ginjal merupakan satu dari kesepakatan. Hal ini tidak direproduksi. Satu-satunya pilihan lain untuk penjual ginjal yang masih dalam utang adalah untuk membiarkan anak-anak remaja mereka untuk menjual, atau istri mereka untuk menjual, dan dengan merekrut dalam keluarga mereka, mereka bisa mendapatkan bonus sedikit sekitar $ 50,00 untuk menyerahkan mereka ke organ broker. Tidak sangat cantik. Kekerasan struktural akan direproduksi dalam rumah tangga.

– Tapi penjual ginjal Brasil tidak ingin publik untuk disebut korban. Brazil memiliki sistem terorganisir cukup baik untuk menangkap organ, tapi birokrasi rusak di berbagai negara dan daftar tunggu ada berantakan.

– Dan ini menyebabkan apa yang saya sebut patron-klien sumbangan ginjal. Mereka adalah orang-orang yang hidup pengikut panjang, pembantu rumah tangga, pengasuh anak dan pemotong tebu dengan bos mereka meminta mereka untuk memberikan ginjal. Apa jenis pilihan itu? Tapi itu sangat cocok ke hubungan patron-klien yang sangat klasik. Dan orang-orang akan mengatakan bahwa mereka memberi persetujuan mereka: “Oh, rela”. Atau: “Tentu saja saya akan berikan kepada rumah tangga ini saya sudah melayani”. Karena mata pencaharian mereka, kelangsungan hidup mereka tergantung pada bos mereka. Jadi mereka harus melakukannya. Bahkan tidak masuk akal untuk berpikir bahwa Anda tidak akan melakukannya.

– Jadi pilihan ada, tetapi jika pilihan adalah satu-satunya hal yang penting jawabannya sangat sederhana – setiap orang yang menjual. Tapi pilihan bukan satu-satunya hal yang penting karena pilihan yang lebih ditentukan, bagian dari logika ekonomi itikad buruk, seperti Pierre Bourdieu akan meletakkannya.

Scheper-Hughes sangat penting terhadap jargon yang digunakan oleh masyarakat transplantasi dan istilah seperti “kelangkaan organ”, yang memberikan kontribusi untuk perkembangan kewajiban moral untuk menjadi donor. Dia tanggapan dengan istilah “kelangkaan buatan”, yang mengungkapkan fenomena sosial dan politik dibuat.

Istilah ini muncul reaksi keras. Dia juga dikritik oleh banyak pembeli ginjal potensial yang menuduhnya «menghasilkan penderitaan yang luar biasa di dunia» seperti dia melawan pasar gelap. Dalam respon terhadap salah satu dari banyak surat dia menerima dia menulis brosur pada apa yang Anda harus berpikir tentang sebelum Anda membeli atau menjual ginjal. Dia menjelaskan:

– Ini bukan cogito ergo sum, saya berpikir maka saya, tetapi “diwujudkan, karena itu aku”. Jadi prinsip pertama adalah bahwa Anda memiliki hak untuk tubuh Anda. Anda eksistensial dilemparkan ke dunia dengan tubuh Anda. Kadang-kadang mereka tidak sempurna. Kadang-kadang mereka dinonaktifkan tubuh. Tapi mereka tubuh Anda. Dan mereka adalah hartamu, warisan Anda. Anda memiliki hak untuk menyumbangkan. Tapi Anda tidak memiliki kewajiban untuk menyumbang. Tidak seorang pun memiliki hak untuk menuntut hal itu dari Anda. Karena permintaan yang semacam pengorbanan tak terlihat yang diminta. Dan menempatkan penanya, peminta itu ke dalam zona abu-abu moral dan etika. Kau tahu, membuat tuntutan lain dalam keinginan untuk hidup mandiri.

– Jika Anda telah benar-benar membuat pikiran Anda bahwa Anda harus memiliki, sebagai salah satu pembeli potensial menyebutnya, “ginjal asli segar” dari seseorang, dan Anda mengatakan bahwa Anda tidak ingin meminta relatif dan lebih baik untuk membayar seseorang yang melakukan itu untuk hidup, saya akan membuat satu penyesuaian itu. Aku tidak melawan uang. Kita hidup di dunia di mana pasar berarti banyak hal yang berbeda untuk orang yang berbeda, maksud saya keinginan dan persahabatan dan keramahan, seperti di banyak bagian di Timur Tengah. Dan tentu saja pasar dapat menjadi hal yang baik.

– Jadi, mengapa kita tidak bisa tawar-menawar mungkin lebih ginjal? Nah, saya berpendapat bahwa ginjal bukanlah organ berlebihan, bahwa tidak ada hal seperti ginjal ‘cadangan’. Anda membayar harga yang besar di barter atas nilai ‘spare part’ Anda. Jadi saya akan meminta pembeli bahwa jika mereka merasa itu adalah apa yang harus Anda lakukan, kemudian membayar relatif, membayar seorang teman. Karena Anda akan membuat kemudian yakin Anda akan menjaga mereka. Bayar istri Anda. Letakkan keponakan melalui perguruan tinggi yang tidak memiliki cara untuk pergi ke perguruan tinggi.

– Apakah ada yang keberatan? Keluarga melakukannya sepanjang waktu dengan cara yang berbeda, beredar uang melalui kewajiban pernikahan, membuat pinjaman. Dan menjadi berhutang budi kepada seseorang belum tentu perbudakan. Ada waktu dan tempat di mana hadiah dan utang yang sama. Dan sebagainya, hadiah adalah semacam utang setelah semua. Itulah Marcel Mauss adalah semua tentang. Jadi mengapa tidak ginjal utang dalam keluarga?

– Tapi pastikan Anda tidak meminta pengorbanan. Orang tidak malaikat. Mereka tidak sprits, mereka memiliki tubuh dan organ yang terbatas. Mereka memiliki hak untuk organ-organ. Tetapi jika mereka berada dalam hubungan dengan kekerabatan dan kasih sayang dan cinta, jangan hanya mengambil itu. Berikan kembali sesuatu yang benar-benar penting bagi Anda dan yang mewajibkan Anda untuk Gifting lanjut dan tanggung jawab untuk kesejahteraan masing-masing dan kesejahteraan. Jangan membayar orang asing kepada siapa Anda berutang apa-apa selain pembayaran dari satu.

– Jadi saya pikir ini adalah pertanyaan antropologi. Mereka harus dilakukan dengan kekerabatan, dengan sifat Gifting, sifat utang dan utang tubuh.

Antropolog terlibat telah menangani kebenaran tidak nyaman tentang perdagangan organ untuk transplantasi ahli bedah, politisi, House of Lords dll Apa tantangan utama dengan menangani pekerjaannya untuk kelompok-kelompok ini? Apa reaksi? Apakah mereka ingin mendengar semua itu? Apakah mereka marah?

– Nah, itu berubah. Tentu mereka marah. Seringkali, pada hari-hari awal, saya berada di pertemuan transplantasi internasional dan koordinator transplantasi bangun dan memanggil saya ginjal teroris karena saya mencegah ginjal dari dipindahkan di sekitar.

– Saya sering berkata kepada beberapa orang transplantasi, jika Anda puas hidup di dunia di mana dunia ketiga harus membayar pajak badan untuk membantu orang kaya dan Anda puas dengan itu, maka saya punya apa-apa lagi yang harus kukatakan kepada Anda. Jika Anda yang khawatir sedikit daripada yang saya pikir kita bisa duduk dan berkomunikasi.

– Tapi tentu saja ada resistensi. Sejak KTT Istanbul pada tahun 2008 sekarang ada inti kunci dari dokter transplantasi yang sebenarnya mengulang segala sesuatu yang saya telah mengatakan selama bertahun-tahun. Jadi saya merasa seperti bagian yang baik dari pekerjaan saya selesai. Maksudku, aku tidak berpikir bahwa profesi benar-benar bisa polisi sendiri tanpa beberapa perspektif luar. Saya berpikir bahwa profesi transplantasi membutuhkan bantuan dari ilmuwan sosial yang pemikir kritis dan independen obat. Ini bukan pekerjaan untuk bioethicists karena mereka sering berbagi pandangan dengan ahli bedah. Mereka tidak kritis atau cukup independen. Tapi pada dasarnya saya merasa bahwa pekerjaan politik yang lebih atau kurang dilakukan.

Scheper-Hughes dilakukan dengan penelitian pada perdagangan organ sekarang dan dia membuat rencana untuk proyek-proyek baru:

– Nah, saya punya banyak pekerjaan yang belum selesai. Saya mungkin akan kembali ke Afrika Selatan. Saya memiliki serangkaian esai tentang transisi dari Apartheid ke Afrika Selatan baru yang sejarah sekarang karena aku pertama ada tahun 1993-1994, tapi saya bekerja di salah satu gubuk yang baru terbentuk. Dan saya berkunjung ke sana beberapa kali sejak dan saya telah menyaksikan banyak perubahan di sana. Jadi saya mungkin akan kembali. Dan saya juga memiliki sebuah rancangan, naskah, yang mungkin berakhir menjadi serangkaian esai. Tapi itu akan menjadi proyek berikutnya.

– Dan kemudian aku masih selalu bekerja di kota Pernambuco saya sebut Bom Jesus da Mata. Saya telah diminta untuk membawa buku saya “Kematian tanpa menangis” up to date karena situasi telah berubah sehingga benar-benar ada. Kematian bayi tidak terjadi lagi, karena transisi demografis bahwa semua Brasil telah berpengalaman dalam dua dekade terakhir. Jadi saya ingin meletakkannya dalam perspektif yang lebih sejarah. Tapi juga untuk mungkin menulis sebuah buku tentang skuad kematian yang telah meneror kota. Pada skuad tertentu dan bagaimana ia datang untuk mengambil alih pemerintahan seluruh municipio. Bukan hanya dari favela a. Tapi di daerah yang meliputi dusun pedesaan 50,000 orang, tidak raksasa tapi sebuah kota secara substansial berukuran.

– Yudikatif, pengadilan, konselor kota dan Prefeito – semua orang adalah di tangan dan dipekerjakan oleh pasukan kematian. Bagaimana bisa terjadi? Dalam sebuah kota yang cukup dibedakan sebagai kota perkebunan gula, yang juga memiliki beberapa pabrik sepatu, yang memiliki kelas berpendidikan, mereka dididik di luar tempat, yang juga kelas radikal intelektual organik, memiliki banyak perlawanan, memiliki sangat kuat gerakan teologi pembebasan – bagaimana mungkin? Dan itulah pertanyaan saya telah bertanya dan masih tidak memiliki jawabannya. Mereka tidak memiliki jawabannya.

– Jadi saya ingin kembali. Saya pikir dalam hal memahami kekerasan yang melampaui kekerasan sehari-hari – bagaimana warga bisa datang untuk menjadi kekuatan yang mengatur? Ini tampaknya bagi saya sebuah pertanyaan yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan

